Total Tayangan Halaman

2 Maret 2016

MANGGA UNTUK MENGURANGI RASA MUAL PADA IBU HAMIL YANG HIPEREMESIS



Kehamilan adalah moment yang dinanti-nanti  oleh seorang wanita yang sudah menikah. Namun seringkali calon ibu tidak menyadari kapan dia mulai hamil. Tiba-tiba dia merasakan  perubahan pada tubuhnya, seperti mual dan muntah, badan menjadi lemah dan mengantuk sepanjang hari.  Mual muntah saat hamil dikenal dengan istilah “morning sicknes” biasanya terjadi pada pagi hari. Berdasarkan  penelitian, sekitar 80% ibu hamil mengalami hal ini, mulai dari derajat yang ringan sampai dengan derajat berat. Disebut derajat berat jika ibu hamil mengalami mual muntah yang berlebihan. Kondisi  ini sering disebut sebagai hiperemesis gravidarum. Pada penderita hiperemesis, mual muntah bisa terus berlangsung lebih dari 14 minggu atau bahkan hingga bayi lahir.

Ibu hamil yang mengalami hiperemesis harus memperhatikan asupan makanan, seringkali ibu dengan hiperemesis malas makan karena takut setiap kali makan akan menimbulkan rasa mual. Padahal perlu diketahui bahwa kebutuhan energi pada ibu hamil terjadi peningkatan, jika dibandingkan kebutuhan sebelum hamil. Peningkatan kebutuhannya sekitar 300-500 kkal. Untuk mencegah mual pada ibu hamil yang hiperemesis, disarankan untuk makan dalam porsi yang kecil dan sering. Sehingga diharapkan kebutuhan energinya tetap terpenuhi.
                                    
Ada beberapa bahan makanan yang bisa mencegah mual pada ibu hamil yang hiperemsis yaitu buah-buahan tinggi vitamin C, selain makanan sumber karbohidrat, kacang-kacangan dan jahe.  Mangga merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C  yang cukup tinggi, yaitu sekitar 60 mg per 100 gramnya. Vitamin C yang ada di dalam buah mangga bermanfaat untuk menetralisir rasa mual. Namun perlu diingat sebaiknya pilih buah mangga yang tidak terlalu asam ataupun terlalu matang.

Selain itu buah mangga juga  dapat membantu melancarkan sistem pencernaan melalui kandungan seratnya yang tinggi. Buah mangga juga memiliki kandungan potassium dan kalium yang dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Vitamin C yang terdapat dalam mangga selain menetralisir rasa mual juga sebagai antioksidan yang dapat melindungi ibu dari bahaya radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker. Manfaat mangga untuk ibu hamil juga dapat meningkatkan stamina dan energy untuk tetap beraktivitas melalui sukrosa dan karbohidrat yang ada di dalamnya.

Makanan pencegah mual pada ibu hamil
Makanan pemicu mual pada ibu hamil
- Makanan sumber vitamin C. makanan sumber vitamin C seperti  jeruk, mangga, apel, lemon, leci, semangka, jambu air, pir dapat menetralisir rasa mual pada ibu hamil.
Jahe. Mengandung minyak atsiri yang bermanfaat untuk mengatasi rasa mual. Aroma jahe bisa membuat tubuh dan pikiran rileks
- Makanan sumber kabohidrat. Sediakan  Roti, biscuit, crakers di sebelah tempat tidur.  Dapat dikonsumsi  sesaat setelah bangun tidur sebelum beranjak  dari tempat tidur. Hal ini dapat mencegah mual  pada ibu hamil
-    Kacang-kacangan. Almond dan kacang tanah merupakan kacang-kacangan sumber protein. Makanan sumber protein bisa mencegah mual pada ibu hamil dan juga kandungan protein bagus untuk pertumbuhan janin
-          Makanan lemak tinggi.  kandungan lemak jahatnya bisa menimbulkan rasa mual pada ibu hamil
-  Makanan berminyak. Makanan seperti gorengan dengan kandungan minyak tinggi akan meninggalkan sisa minyak di lidah dan usus. Minyak tidak dapat diuraikan oleh usus, hal ini mengakibatkan rasa mual.
-  Makanan pedas.  Bisa memicu meningkatkan kadar asam lambung yang bisa menyebabkan mual pada ibu hamil.
-        Makanan  yang menimbulkan gas. Durian, nangka,kol,sawi hijau dan makanan hasil fermentasi seperti tape merupakan makanan yang menimbulkan gas. Makanan yang bergas membuat perut kembung dan penuh, serta menyebabkan mual.

Berikut contoh resep kudapan modifikasi untuk ibu hamil dengan hyperemesis, diantaranya pie mangga  dan pancake mangga.

  
 1. PIE MANGGA

Bahan Kulit :
200 gram mentega
1 butir telur
300 gr tepung terigu
2 sdm maizena
3 sdm gula halus
2 sdm susu bubuk
½ sdt garam

Bahan isi :
1 buah mangga masak ukuran besar potong kotak-kotak
1 sdm maizena
2 sdm gula pasir
Air secukupnya untuk mengentalkan
Cara membuat :
1.       Kulit : aduk telur, mentega, gula halus dengan sendok kayu atau spatula tambahkan terigu, maizena, susu bubuk yang sudah diayak. Tambahkan garam aduk rata dengan tangan lalu simpan di chiller (suhu dingin) 30 menit
2.       Isi : siapkan wajan, masukkan mangga, gula beri air hingga gula larut lalu masukkan maizena yang diaduk dengan air sedikit. Masak hingga asal mengental lalu dinginkan
3.       Siapkan cetakan pie bongkar pasang bentuk kulit pie lalu tusuk-tusuk dengan garpu dan masukkan isi beri tutup lalu panggang hingga kuning kecoklatan.

Nilai Gizi per Porsi
Energi                   : 277,55 kkal
Protein                  : 3.82 g
Karbohidrat          : 33.53 g
Lemak                  : 14.66 g          
Vit C                    : 18.53 g




  1. PANCAKE MANGGA  (7 PORSI)

Bahan kulit :
100 gram tepung terigu
2 butir telur
250 ml susu cair
50 gr gula pasir
1 sdm margarine leleh

Bahan isi :
100 gram daging mangga masak
250 ml whipped cream


Cara membuat :
1.       Kulit : campur tepung terigu dan gula pasir hingga rata. Tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk. Terakhir masukkan telur dan margarine leleh sambil terus diaduk
2.       Panaskan wajan anti lengket. Tuang adonan, lalu buat dadar tipis
3.       Isi adonan dadar tadi dengan whiped cream dan daging durian
4.       Tutup adonan dadar dengan cara dilipat seperti dadar gulung
5.       Simpan dalam lemari es hingga dingin
6.       Sajikan dalam keadaan dingin
  

Nilai Gizi per Porsi
Energi                   : 252,21 kkal
Protein                  : 5.89 g
Karbohidrat          : 23,51 g
Lemak                  : 15,26 g          
Vit C                    : 6.86 g


13 komentar:

  1. Wihh bisa buat belajar bikin cake nih...

    BalasHapus
  2. Wihh bisa buat belajar bikin cake nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mbak silahkan dicoba resepnya simple dan ada keterangan nila gizinya

      Hapus
  3. Jadi inget waktu istri saya hamil.. Suka banget makan buah.. Mulai dari mangga, kelengkeng, sampai pisang.. Banyak gunanya..

    Nice sharing, mbak.. Semoga banyak yang bisa mengambil manfaatnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Bang, buah bagus untuk segala kondisi. amiin semoga bermanfaat

      Hapus
  4. Tulisan yang sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  5. Tulisan yang sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  6. Artikelnya bermanfaat sekali mba maria. Jadi terinspirasi menulis mengenai kehamilan juga. Hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak...mari tebarkan tulisan-tulisan yang bermanfaat :)

      Hapus
  7. tisp ramuannya bermanfaat nih buat calonku, padahal masih jomblo.. hehe

    Salam Tran Ran

    BalasHapus