Total Tayangan Halaman

24 Maret 2016

Ibu dilarang sakit!!!

Judul diatas mungkin sering kita dengar, tapi dengan kata yang sedikit berbeda.
Yang sering terdengar adalah kata "orang miskin dilarang sakit"

Yup, kenapa sampai orang miskin dilarang sakit, karena waktu itu orang miskin sangat susah mengakses pelayanan kesehatan. Mahalnya biaya kesehatan membuat orang miskin semakin terperangkap dalam posisi sulit.
sudah miskin menjadi semakin miskin.

Namun sejak adanya Jamkesmas, kemudian menjadi JKN lebih mempermudah semua lapisan masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan.

Kalau dulu orang miskin dilarang sakit, sekarang ganti Ibu dilarang sakit.

Mama atau Ibu atau Bunda atau kadang dipanggil ummi adalah sosok perempuan yang bertanggungjawab atas kelangsungan urusan domestik dalam keluarganya.

Karena seringkali kepala keluarga atau sering disebut ayah atau Bapak atau Papa atau Abi, lebih mengedepankan urusan mencari duit sebagai urusan yang utama bagi mereka kaum adam.

Bahkan tidak jarang, para ayah ini bekerja jauh dari keluarga dan hanya sesekali bertemu keluarganya.

Kalau keadaan seperti itu otomatis segala urusan keluarga akan dihandle semua oleh ibu.
Hmm....sungguh berat tugasmu Ibu,
Iya...ibu-ibu masa kini justru seringkali mempunyai peran ganda dalam keluarga, sebagai ibu juga sebagai ayah ketika kepala keluarga tidak hidup bersama.

Meskipun banyak jargon "hidup adalah pilihan", namun seringkali Ibu ditempakan pada posisi yang tidak bisa memilih sama sekali, karena mau tidak mau dialah yang akan menghandle tugas ayah.

Ketika ibu dalam kondisi fit, tentunya semua uruan bisa diseleaikan dengan baik, namun...kadang masalah datang ketika sakit menyerang Ibu.

Bagaimana tidak masalah, jika mau istirahat sejenak saja, si anak paling kecil memanggil , Bu...aku mau makan, sepuluh menit kemudain setelah beres dengan urusan si adik, si kakak ganti meminta perhatian, Bu....aku sakit perut, tolong tungguin ke kamar mandi aku takut. Belum sempat menaruh badannya di tempat tidur untuk istirahat sejenak, panggilan dari bos-bos kecil sudah datang bertubi-tubi.

Jadi memang sakit, tidak akan memberikan manfaat apa-apa bagi si Ibu, tidak pula bisa beristirahat karena si anak tetap minta untuk dipenuhi kebutuhannya.

Mau tidak, mau ibu harus selalu sehat. oleh karena itu "Ibu dilarang sakit!!!!"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar